MAN 3 JEMBRANA

MADRASAH UNGGULAN BERAKHLAK MULIA

Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77: MAN 3 Jembrana Sambut HAB dengan Kedamaian

man3jembrana.sch.id - 03 January 2023

 

ABmaian

gan a Sambut Suka Negara, Bertempat di halaman MAN 3 Jembrana upacara HAB ke-77 kementerian agama berlangsung hikmat. Para peserta upacara berbalut busana nusantara dari berbagai daerah. Upacara HAB mengikuti pedoman dari kementerian agama dengan membacakan sejarah singkat departemen agama yang semenjak tahun 2009 berganti nama kementerian agama.

Atas seizin Kepala MAN 3 Jembrana, Wakil Madrasah Urusan Kurikulum, Hamzaturrahman,S.Pd. bertindak dan membacakan sambutan Menteri Agama RI dalam rangka peringatan HAB ke-77 Selasa (3/1) tahun 2023 kementerian agama. 

Rasa syukur  sepatutnya  kita  panjatkan  kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat, karunia,  dan anugerah-Nya kepada kita sekalian. Hari ini kita telah memasuki Tahun Baru 2023. Tahun baru bukan sekadar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru. Namun bagi insan Kementerian Agama RI, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus. 

Di awal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3 Januari 2023,  keluarga  besar  Kementerian  Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77. Kita diajak untuk   mengenal,    memahami   dan   meresapi   atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama  yang  dulu  bernama  Departemen  Agama  ini dilahirkan   pada   1946.  Latu,  kita  sebagai  generasi  penerus Kementerian  Agama,   sudahkah  melakukan pengabdian sebagaimana   khittah   kelahiran Kementerian Agama atau belum?

 

Pada peringatan HAB ke-77 tahun mr,  saya mengajak  kepada  seluruh  ASN  Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia. 

Kini Kementerian Agama  telah terlihat  berubah. Birokrasinya  lebih lincah dan  responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka  Super  Apps,    aplikasi  layanan  Kementerian Agama.  Beragam inovasi digital juga  terus dilakukan, mulai  pusat  hingga  daerah.  Semua  itu  merupakan upaya  meningkatkan  kualitas  dan  mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional.

Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/ Lembaga dan publik, kita diganjar  lebih dari 22  penghargaan pada tahun 2022 lalu. Kita jaga prestasi di atas. Dan tahun ini, harus lebih baik dari tahun kemarin.

Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama.   Kerukunan  sangat  fluktuatif   dan   dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024.  Sejatinya,  kerukunan adalah  prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas,  dan stabilitas  dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai.

 

Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh  agama  dan  tokoh  masyarakat  harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati  sebagai  pesta demokrasi  dalam  pengertian yang sesungguhnya.  Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama.  Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan  provokasi  di  tengah  keragaman  pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan.  Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat.

 

Melalui peringatan HAB ke-77 ini juga  mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Selamat  memperingati  Hari  Amal  Bakti  ke-77 Kementerian  Agama.  Semoga  Kementerian  Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik.

 

Wassalamu'alaikum wr. wb. Shaloom,

 Ohm santi, santi, santi Ohm,

Sadhu, sadhu,sadhu,

Salam Kebajikan,

 

 

Fotografer      : Ahmad Fadil, Rupi, Tia

Editor              : Samsul Amin