MAN 3 JEMBRANA

MADRASAH UNGGULAN BERAKHLAK MULIA

Penggantian Ujian Nasional menjadi Ujian Madrasah

man3jembrana.sch.id - 03 March 2021

MAN 3 Jembrana-Bagi siswa yang kini duduk di kelas 6 SD/sederajat, kelas 9 SMP/sederajat dan kelas 12 SMA/sederajat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) resmi menghapus Ujian Nasional (UN) 2021. Pertimbangan penghapusan UN dan ujian kesetaraan 2021, terkait kondisi penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat. Untuk itu, Mendikbud Nadiem Makarim telah mengumumkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dikutip dari SE tersebut, UN diganti dengan sejumlah hal yakni peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah: menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan  mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. 

Ujian yang dimaksud antara lain adalah portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya), penugasan, tes secara luring atau daring, bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Selain itu, peserta didik sekolah menengah kejuruan juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Mengingat mengenai edaran SE tentang Peniadaan UN tersebut, Kepala MAN 3 Jembrana beserta jajaran mengadakan rapat Ujian Madrasah sebagai pengganti Ujian Nasional. Keputusan pada rapat tersebut adalah Ujian Madrasah (UM) dilangsungkan bagi kelas XII tahun 2021. UM merupakan salah satu prasyarat kelulusan selain siswa menyelesaikan program pembelajaran dan memiliki nilai sikap minimal Baik. UM mapel Agama akan dilangsungkan pada tanggal 16 Maret–21 maret 2021. Teknis pelaksanaan UM adalah daring yang dilakukan menggunakan sistem CBT E-Learning.

Jembrana, 2 Maret 2021

TianaFF